Sejarah Perjalanan Bisnis Ruangguru

Sejarah Perjalanan Bisnis Ruangguru

Perjalanan bisnis Ruangguru secara konsisten telah erat bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah bahkan lintas departemen. Pihak Ruangguru percaya bahwa kolaborasi ini sangat penting tidak hanya untuk membantu meningkatkan pertumbuhan tetapi juga untuk mempertahankan dampaknya terhadap sistem pendidikan publik dan swasta Indonesia.

Karena itu, tidak seperti banyak startup lain, Ruangguru.com memiliki departemen khusus yang bertanggung jawab untuk membangun kolaborasi dan hubungan yang bermakna dengan badan-badan pemerintah dan pejabat pemerintahan. Ruangguru.com adalah startup digital yang mengembangkan produk dan layanan di industri pendidikan teknologi.

Sejarah Ruangguru

Sejarah Perjalanan Bisnis Ruangguru

Perjalanan bisnis Ruangguru dimulai pada April 2014 saat Ruangguru didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman. Ruangguru bertujuan membantu siswa menemukan berbagai tutor online. Pada tanggal 5 Juli 2017, UOB Venture Management dilaporkan mendanai Ruangguru sebagai penyandang dana ketiga dengan pembiayaan Seri B.

Pada Agustus 2014, tercatat ada lebih dari seribu guru telah terdaftar. Berbekal dana awal dari East Ventures pada Agustus 2014, startup ini dapat memperluas portal layanan bimbingan yang ada untuk menyediakan uji coba online dan ruang kelas digital untuk memungkinkan siswa berinteraksi dengan guru secara real time.

Venturra Capital berinvestasi di Ruangguru dalam putaran pembiayaan Seri A dan B masing-masing pada tahun 2015 dan 2017. Startup edtech sejak itu mencatat pertumbuhan luar biasa, mencapai “13 juta siswa dan 400.000 guru,” kata CEO dan salah satu pendiri, Belva Devara, bulan lalu dalam sebuah posting Instagram. Inisiatif baru akan terus mendorong ekspansi.

Pada tahun 2016, aplikasi diluncurkan dengan fitur-fitur baru yang memungkinkan siswa untuk mengambil foto dan berbagi tugas pekerjaan rumah dengan tutor pribadi untuk mendapatkan umpan balik melalui obrolan langsung atau panggilan audio.

Pada tahun 2017, Ruangguru memenangkan penghargaan di kompetisi MIT Solve setelah mengajukan solusia untuk membantu siswa putus sekolah di sekolah menengah demi mengamankan pekerjaan. Platform ruang kelas digital membantu kaum muda mendapatkan pekerjaan untuk mendukung ekonomi keluarga dan disisi lain mempersiapkan ujian kesetaraan sekolah menengah.

Ruangguru juga menawarkan saran untuk membimbing siswa melamar pekerjaan dengan gaji  lebih baik setelah siswa menyelesaikan kursus bersertifikat. Pada bulan September, Ruangbelajar diluncurkan untuk menyediakan serangkaian materi pendidikan yang lengkap untuk pembelajaran mandiri, seperti menampilkan pertanyaan praktik ujian dan catatan ringkasan.

Platform pembelajaran mandiri berbasis video ini telah menerima umpan balik “luar biasa” dari orang tua dan pengguna. Bahan-bahan siap pakai melayani siswa dari segala usia, mulai dari sekolah dasar kelas satu dan semua jalan ke persiapan ujian masuk universitas.

Tantangan berikutnya untuk “Uber untuk layanan bimbingan belajar” adalah memecahkan model bisnis untuk pelatihan perusahaan. Diluncurkan pada tahun 2018, portal “Ruangkerja” (bahasa Indonesia untuk “kantor” atau “ruang kerja”) sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan blue-chip seperti minyak dan gas milik Negara, yaitu “Pertamina” untuk memberikan pelatihan online untuk tenaga kerja milenial.

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa “kurang dari 50%” konten pelajaran yang direncanakan hanya dapat diterapkan sebelumnya oleh perusahaan energi untuk pelatihan karyawan.

“Dengan sistem seluler, kami berharap dapat mempercepat proses pembelajaran di Pertamina,” katanya, menurut Katadata, yang juga mencatat bahwa Pertamina secara rutin melatih karyawan baru yang merupakan lulusan baru. Ruangguru juga menjajaki kemungkinan bekerja dengan perusahaan perbankan dan asuransi.”

Kata salah satu pendiri dan Kepala Produk dan Kemitraan Iman Usman. Perusahaan asuransi, khususnya, mengalokasikan anggaran besar untuk melatih agen baru. “Perusahaan-perusahaan ini biasa melatih agen mereka satu per satu. Dengan platform teknologi, kita bisa membuat proses lebih efisien, ”katanya.

Brand ambassadors

  • Iqbaal Ramadhan

Aktor dan penyanyi, Iqbaal Ramadhan, yang memainkan peran utama dalam film percintaan remaja Dilan 1990, dinobatkan sebagai duta merek perusahaan. Iqbaal menyelesaikan sekolah menengah di United World College di AS, satu-satunya siswa Indonesia di angkatannya. Iqbaal sekarang terlibat dalam pengembangan materi untuk kurikulum bahasa Inggris Ruangguru.

  • Operator seluler nasional Telkomsel

Pada bulan Juli, Ruangguru bekerja sama dengan operator seluler nasional Telkomsel, khusus untuk merek kartu prabayar yang berfokus pada remaja LOOP. Bahan edtech dimasukkan sebagai bagian dari bundel data 3GB dengan harga hanya Rp25.000, menurut situs berita telepon Selular.

Kemitraan Pokergalaxy ini juga meluncurkan EnsikLOOPedia, di mana pengguna LOOP juga dapat mengakses pilihan video dan materi pembelajaran Ruangguru.

Lebih dari sekadar bisnis, Ruangguru.com menciptakan platform di mana guru-guru Indonesia dapat memperoleh penghasilan tambahan dan siswa dapat memiliki guru yang memenuhi syarat untuk kursus informal. Ruangguru.com memiliki misi untuk membantu siswa, guru, dan orang tua agar bisa melakukan kegiatan pembelajaran dengan lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, Ruangguru.com terus meningkatkan layanan yang sudah ada. Berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait dan mengundang orang-orang yang bersemangat dan berbakat untuk bergabung dengan Ruangguru dalam misi ini.